
“MAWAR SARON”
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK)
NAMA MATA KULIAH : Bahasa Inggris
BOBOT :
2 SKS
SEMESTER :
1 (Satu)
PROGRAM :
S-1 Pendidikan Agama Kristen
DOSEN :
Nelson Hasibuan, M.Th
TAHUN AKADEMIK : 2016/2017
PERTEMUAN : 14 (2 X 50 Menit)
STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa
mampu menguasai pengetahuan tentang bahasa Inggris, memiliki kesadaran
tentang pentingnya bahasa Inggris, serta menunjukkan kebiasaan menggunakannya
dalam pelayanan baik di lingkungan gereja dan sekolah serta bermasyarakat.
|
KOMPETENSI DASAR
1.
Mampu membaca dengan lancar dalam bahasa Inggris
sesuai dengan Alkitab
2.
Mampu memberikan arti kata dengan benar sesuai
dengan Alkitab
3.
Mampu menganalisa kalimat bahasa Inggris sesuai
dengan Alkitab
4.
Mampu bercerita dalam bahasa Inggris sesuai dengan
Alkitab
5.
Mampu berdoa dalam bahasa Inggris sesuai dengan
Alkitab
6.
Mampu menyampaikan renungan singkat dalam bahasa
Inggris sesuai dengan Alkitab
7.
Mampu menyanyikan lagu rohani dalam bahasa Inggris
sesuai dengan Alkitab
|
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.
Fonetik (cara membaca dalam bahasa Inggris) sesuai
dengan Alkitab
2.
Perbendaharaan Kata sesuai dengan Alkitab
3.
Doa Sederhana Dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami,
Doa makan, Doa mau tidur, mazmur, dan lain-lain) sesuai dengan Alkitab
4.
Renungan sederhana dalam Bahasa Inggris sesuai
dengan Alkitab
5.
Nyanyian rohani dalam bahasa Inggris (anak Sekolah
Minggu sampai Dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan
alat musik) sesuai dengan Alkitab
|
INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.
Membaca dengan lancar
2.
Memberikan arti kata dengan benar
3.
Menganalisa kalimat dalam bahasa Inggris
4.
Bercerita dalam bahasa Inggris
5.
Berdoa dalam bahasa Inggris
6.
Menyampaikan renungan singkat dalam bahasa Inggris
7.
Menyanyikan lagu rohani dalam bahasa Inggris
|
STANDAR PROSES
PEMBELAJARAN
|
PENDEKATAN
|
Kontekstual
dan Partisipatoris
|
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
1.
Mahasiswa mendengarkan kuliah yang disampaikan
dosen di kelas
2.
Mahasiswa mendiskusikan bahan yang sudah diberikan
di kelas
3.
Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan berbahasa
Inggris
|
|
METODA
|
Ceramah,
diskusi, tugas-tugas individu dan kelompok
|
|
TUGAS
|
Menghafal
perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris
|
|
STANDAR
PENILAIAN
|
1.
Partisipasi dan kehadiran 10 %
2.
Tugas dan proyek mingguan 60 %
3.
Pendalaman materi 10 %
4.
UTS 10 %
5.
UAS 10 %
|
|
TEKNIK
|
LISAN
DAN TERTULIS
|
|
BENTUK
SOAL
|
Tes
Lisan dan Tertulis, Sikap, Porto Folio
|
|
MEDIA
|
Laptop,
LCD Proyektor, VCD, Laboratorium Bahasa
|
|
SUMBER
BELAJAR
1.
Keluarga dalam asrama
2.
Media Elektronik (internet)
3.
Lingkungan Sosial berasrama
4.
Literatur
1.
Alkitab, bahasa Inggris, Holy Bible New King James
Version, copyright (1982) by Thomas Nelson Inc. Jakarta: CV ABBA, 2012.
2.
Smith Carr, The Figurative Language Open
Dictionary Wikipedia.
3. Internet and reference books
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 1
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode Matakuliah :
Prasyarat : Teori
dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas bahasa Inggris secara umum (alfabet dan ordinal
number).
KOMPETENSI DASAR
Menghafalkan
dan mengulangi kembali alfabet dan ordinal number.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menghafalkan kembali
alfabet
2. Mengulangi kembali ordinal
number
MATERI POKOK
1. Pembahasan tentang silabus dan kontrak kuliah.
2. Menghafalkan alfabet dan ordinal number.
3. Mengulangi kembali
alfabet dan ordinal number.
METODE PEMBELAJARAN
1. Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah,
tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2. Pemberian tugas untuk dikerjakan di
rumah dan di kelas.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal
1. Pembukaan
perkuliahan.
2. Menyampaikan
orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3. Menyajikan
materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi (penggalian)
· Dengan
berkelompok mahasiswa mengeksplorasi alfabet dan ordinal number
· Dengan
berkelompok mahasiswa mengeksplorasi macam-macam alfabet dan ordional number
(membiasakan
nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis, kreatif dan kerjasama)
b. Elaborasi
(pengembangan)
· Melalui
diskusi mahasiswa menganalisis alfabet dan ordinal number.
· Melalui
diskusi mahasiswa menganalisis macam-macam alfabet dan ordinal number.
(membiasakan
nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat,
percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
c.
Konfirmasi (umpan balik)
· Memberikan
umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan
Akhir
a.
Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait
dari alfabet dan ordinal number.
b. Pengampu
bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait alfabet dan ordinal number.
c.
Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi
ketercapaian tujuan pembelajaran.
d.
Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : diktat, buku referensi, internet, dan televisi.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 2 dan 3
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode Matakuliah :
Prasyarat :
Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas arti kata dengan benar dalam pembelajaran Bahasa
Inggris sesuai dengan Alkitab Bahasa Inggris New King James Version (NKJV)
dari Kitab Kejadian sampai Wahyu.
KOMPETENSI DASAR
Memahami posisi arti kata
dalam pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian
sampai Wahyu.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Menganalisis arti kata dalam pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari
Kitab Kejadian sampai Wahyu.
MATERI POKOK
1.
Pembahasan tentang posisi
arti kata pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian
sampai Wahyu.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Dalam perkuliahan
pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan
powerpoint untuk perkuliahan.
2.
Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1. Pembukaan
perkuliahan.
2.
Menyampaikan orientasi
perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.
Menyajikan materi
perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
(penggalian)
· Dengan berkelompok
mahasiswa mengeksplorasi arti kata pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa
Inggris berdasarkan kajian kepustakaan.
(membiasakan
nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis, kreatif dan kerjasama)
2. Elaborasi
(pengembangan)
· Melalui
diskusi mahasiswa menganalisis arti kata dalam pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan
hasil temuan mereka.
(membiasakan
nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat,
percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3. Konfirmasi
(umpan balik)
· Memberikan
umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1. Pengampu
bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait rumusan posisi arti kata dalam pembelajaran
berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian sampai Wahyu
2. Pengampu
bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.
Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : Diktat, buku kepustakaan, dan internet.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 4, 5,
6
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode Matakuliah :
Prasyarat :
Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Menghafalkan
doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa mampu menghafalkan doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Mampu mengucapkan kembali doa sederhana dalam Bahasa
Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
MATERI POKOK
1.
Dasar-dasar doa sederhana dalam Bahasa Inggris
(Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
METODE PEMBELAJARAN
1. Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah,
tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2. Pemberian tugas
untuk dikerjakan di rumah.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.
Pembukaan perkuliahan.
2.
Menyampaikan orientasi
perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3. Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
(penggalian)
· Dengan
berkelompok mahasiswa mengucapkan kembali doa sederhana
dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
(membiasakan
nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis, kreatif dan kerjasama)
2. Elaborasi
(pengembangan)
· Melalui
diskusi mahasiswa mengucapkan kembali
doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
(membiasakan
nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat,
percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3. Konfirmasi
(umpan balik)
· Memberikan
umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1.
Pengampu bersama mahasiswa mengucapkan kembali doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa
Kami dalam Matius 6:9-13).
2. Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi
ketercapaian tujuan pembelajaran.
3. Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : diktat, buku kepustakaan, dan internet.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 7, 8
dan 9
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode matakuliah :
Prasyarat :
Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas renungan sederhana dalam
Bahasa Inggris berdasarkan kajian
Alkitab PL dan PB.
KOMPETENSI DASAR
Mengkaji dan membahas renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mampu menjelaskan
dan membahas renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian
Alkitab PL dan PB.
MATERI POKOK
1.
Pembahasan renungan sederhana dalam Bahasa Inggris
berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
METODE PEMBELAJARAN
1. Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah,
tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2. Pemberian tugas
untuk dikerjakan di rumah.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.
Pembukaan perkuliahan.
2.
Menyampaikan orientasi
perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3. Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
(penggalian)
Dengan
berkelompok mahasiswa mengeksplorasi renungan sederhana dalam Bahasa Inggris
berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
(membiasakan
nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis,
kreatif dan kerjasama)
2. Elaborasi
(pengembangan)
· Melalui
diskusi mahasiswa menganalisis renungan sederhana dalam Bahasa Inggris
berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB
(membiasakan
nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat,
percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3. Konfirmasi
(umpan balik)
· Memberikan
umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1. Pengampu
bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait renungan sederhana dalam Bahasa
Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
2. Pengampu
bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.
Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : diktat, buku referensi kepustakaan, dan internet.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 10,
11, 12, 13, 14
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode matakuliah :
Prasyarat :
Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa mampu menyanyikan lagu rohani anak Sekolah
Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat
musik dalam bahasa Inggris
KOMPETENSI DASAR
Memahami manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan,
menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Mampu menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau
jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat
musik dalam bahasa Inggris
MATERI POKOK
1.
Manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu rohani
anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan
penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris
METODE PEMBELAJARAN
1.
Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan
adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.
Pemberian tugas
untuk dikerjakan di rumah.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1. Pembukaan perkuliahan.
2.
Menyampaikan
orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.
Menyajikan
materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi (penggalian)
Dengan
berkelompok mahasiswa mengeksplorasi manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan
lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian
dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris
(membiasakan
nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis,
kreatif dan kerjasama)
2.
Elaborasi (pengembangan)
Melalui
diskusi mahasiswa menganalisis manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu
rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan
penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris (membiasakan
nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat,
percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3.
Konfirmasi (umpan balik)
· Memberikan
umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1.
Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan
terkait rumusan menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat
dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam
bahasa Inggris.
2.
Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi
ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.
Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : diktat, buku referensi kepustakaan, dan internet.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 15
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode matakuliah :
Prasyarat :
Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris
dasar
KOMPETENSI DASAR
Memahami evaluasi pengunaan teori
dan praktek Inggris dasar.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Mampu membuat evaluasi pengunaan teori
dan praktek Inggris dasar.
MATERI POKOK
1.
Praktek membuat
evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar.
METODE PEMBELAJARAN
1. Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah,
tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2. Pemberian tugas
untuk dikerjakan di rumah.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.
Pembukaan perkuliahan.
2.
Menyampaikan orientasi
perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3. Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
(penggalian)
· Dengan
berkelompok mahasiswa mengeksplorasi mengenai evaluasi pengunaan teori dan
praktek Inggris dasar.
(membiasakan
nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis,
kreatif dan kerjasama)
2. Elaborasi
(pengembangan)
· Melalui
diskusi mahasiswa menganalisis mengenai evaluasi pengunaan teori dan praktek
Inggris dasar.
(membiasakan
nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat,
percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3. Konfirmasi
(umpan balik)
· Memberikan
umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1. Pengampu
bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait evaluasi
pengunaan media pembelajaran dalam proses KBM.
2. Pengampu
bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.
Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : diktat, buku referensi, dan internet.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 16
Prodi :
Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah : Bahasa Inggris
SKS :
2
Kode matakuliah :
Prasyarat :
Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan :
Semester Ganjil 2016/2017
STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas
mengenai soal ujian akhir semester.
KOMPETENSI DASAR
Memahami mengenai mengenai soal ujian akhir semester.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Menganalisis soal
mid semester.
2.
Mampu mengerjakan soal akhir semester.
MATERI POKOK
1.
Pemberian soal akhir semester.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan
adalah ujian tertulis.
2.
Pemberian tugas
untuk dikerjakan di rumah.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1. Pembukaan perkuliahan.
2.
Menyampaikan
orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.
Membagikan soal ujian akhir semester.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi (penggalian)
· Mahasiswa
diberi soal akhir semester.
2.
Elaborasi (pengembangan)
· Mahasiswa mengerjakan soal akhir semester.
3.
Konfirmasi (umpan balik)
· Memberikan
umpan balik soal akhir semester.
· Pengungkapan
pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan
karakter respect (saling menghargai
pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1.
Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan
terkait soal akhir semester.
2.
Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi
ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.
Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan
berikutnya
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat
: laptop dan LCD.
Sumber : diktat, buku refrensi, dan internet.
PENILAIAN
-
Evaluasi
harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan
akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan
pemberian tugas.
Dosen Pengampu,
Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN
|
Komentar