NELSON HASIBUAN 27:SILABUS DAN SAP (BAHASA INGGRIS)



SILABUS SEKOLAH TINGGI TEOLOGI
“MAWAR SARON”
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK)


NAMA MATA KULIAH    : Bahasa Inggris                                           
BOBOT                                  : 2 SKS
SEMESTER                          : 1 (Satu)
PROGRAM                           : S-1 Pendidikan Agama Kristen
DOSEN                                  : Nelson Hasibuan, M.Th
TAHUN AKADEMIK           : 2016/2017
PERTEMUAN                      : 14 (2 X 50 Menit)

STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan tentang bahasa Inggris, memiliki kesadaran tentang pentingnya bahasa Inggris, serta menunjukkan kebiasaan menggunakannya dalam pelayanan baik di lingkungan gereja dan sekolah serta bermasyarakat.
KOMPETENSI DASAR
1.      Mampu membaca dengan lancar dalam bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
2.      Mampu memberikan arti kata dengan benar sesuai dengan Alkitab
3.      Mampu menganalisa kalimat bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
4.      Mampu bercerita dalam bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
5.      Mampu berdoa dalam bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
6.      Mampu menyampaikan renungan singkat dalam bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
7.      Mampu menyanyikan lagu rohani dalam bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.      Fonetik (cara membaca dalam bahasa Inggris) sesuai dengan Alkitab
2.      Perbendaharaan Kata sesuai dengan Alkitab
3.      Doa Sederhana Dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami, Doa makan, Doa mau tidur, mazmur, dan lain-lain) sesuai dengan Alkitab
4.      Renungan sederhana dalam Bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab
5.      Nyanyian rohani dalam bahasa Inggris (anak Sekolah Minggu sampai Dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik) sesuai dengan Alkitab
INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.      Membaca dengan lancar
2.      Memberikan arti kata dengan benar
3.      Menganalisa kalimat dalam bahasa Inggris
4.      Bercerita dalam bahasa Inggris
5.      Berdoa dalam bahasa Inggris
6.      Menyampaikan renungan singkat dalam bahasa Inggris
7.      Menyanyikan lagu rohani dalam bahasa Inggris

STANDAR PROSES PEMBELAJARAN

PENDEKATAN

Kontekstual dan Partisipatoris
PENGALAMAN BELAJAR

1.      Mahasiswa mendengarkan kuliah yang disampaikan dosen di kelas
2.      Mahasiswa mendiskusikan bahan yang sudah diberikan di kelas
3.      Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan berbahasa Inggris
METODA

Ceramah, diskusi, tugas-tugas individu dan kelompok
TUGAS

Menghafal perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris
STANDAR PENILAIAN

1.      Partisipasi dan kehadiran 10 %
2.      Tugas dan proyek mingguan 60 %
3.      Pendalaman materi 10 %
4.      UTS 10 %
5.      UAS 10 %
TEKNIK

LISAN DAN TERTULIS
BENTUK SOAL

Tes Lisan dan Tertulis, Sikap, Porto Folio
MEDIA

Laptop, LCD Proyektor, VCD, Laboratorium Bahasa
SUMBER BELAJAR
1.      Keluarga dalam asrama
2.      Media Elektronik (internet)
3.      Lingkungan Sosial berasrama
4.      Literatur
1.      Alkitab, bahasa Inggris, Holy Bible New King James Version, copyright (1982) by Thomas Nelson Inc. Jakarta: CV ABBA, 2012.
2.      Smith Carr, The Figurative Language Open Dictionary Wikipedia.
3.   Internet and reference books

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 1

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode Matakuliah          :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017

STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas bahasa Inggris secara umum (alfabet dan ordinal number).

KOMPETENSI  DASAR
Menghafalkan dan mengulangi kembali alfabet dan ordinal number.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menghafalkan kembali alfabet
2.      Mengulangi kembali ordinal number

MATERI POKOK
1.      Pembahasan tentang silabus dan kontrak kuliah.
2.      Menghafalkan alfabet dan ordinal number.
3.      Mengulangi kembali alfabet dan ordinal number.

METODE PEMBELAJARAN
1.      Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.      Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah dan di kelas.
                                                                           
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.  Pembukaan perkuliahan.
2.  Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.  Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.

Kegiatan Inti
a.   Eksplorasi (penggalian)
·     Dengan berkelompok mahasiswa mengeksplorasi alfabet dan ordinal number
·     Dengan berkelompok mahasiswa mengeksplorasi macam-macam alfabet dan ordional number
(membiasakan nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis, kreatif dan kerjasama)
b.  Elaborasi (pengembangan)
·     Melalui diskusi mahasiswa menganalisis alfabet dan ordinal number.
·     Melalui diskusi mahasiswa menganalisis macam-macam alfabet dan ordinal number.
(membiasakan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
c.   Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).

Kegiatan Akhir
a.   Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait dari alfabet dan ordinal number.
b.  Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait alfabet dan ordinal number.
c.   Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
d.  Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : diktat, buku referensi, internet, dan televisi.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.



Dosen Pengampu,





Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.







SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 2 dan 3

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode Matakuliah          :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017

STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas arti kata dengan benar dalam pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan Alkitab Bahasa Inggris New King James Version (NKJV) dari Kitab Kejadian sampai Wahyu.

KOMPETENSI DASAR
Memahami posisi arti kata dalam pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian sampai Wahyu.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menganalisis arti kata dalam pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian sampai Wahyu.

MATERI POKOK
1.      Pembahasan tentang  posisi arti kata pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian sampai Wahyu.

METODE PEMBELAJARAN
1.      Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.      Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.      Pembukaan perkuliahan.
2.      Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.      Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi (penggalian)
·     Dengan berkelompok mahasiswa mengeksplorasi arti kata pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris berdasarkan kajian kepustakaan.
(membiasakan nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis, kreatif dan kerjasama)

2.  Elaborasi (pengembangan)
·     Melalui diskusi mahasiswa menganalisis arti kata dalam pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan hasil temuan mereka.
(membiasakan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3.  Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).

Kegiatan Akhir
1.  Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait rumusan posisi arti kata dalam pembelajaran berdasarkan Alkitab Bahasa Inggris dari Kitab Kejadian sampai Wahyu
2.  Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.  Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : Diktat, buku kepustakaan, dan internet.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.


Dosen Pengampu,





Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.







SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 4, 5, 6

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode Matakuliah          :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017

STANDAR KOMPETENSI
Menghafalkan doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa mampu menghafalkan doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mampu mengucapkan kembali doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).

MATERI POKOK
1.      Dasar-dasar doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).

METODE PEMBELAJARAN
1.      Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.      Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.      Pembukaan perkuliahan.
2.      Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.      Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi (penggalian)
·     Dengan berkelompok mahasiswa  mengucapkan kembali doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
(membiasakan nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis, kreatif dan kerjasama)
2.      Elaborasi (pengembangan)
·     Melalui diskusi mahasiswa mengucapkan kembali doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
(membiasakan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3.  Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).

Kegiatan Akhir
1.    Pengampu bersama mahasiswa mengucapkan kembali doa sederhana dalam Bahasa Inggris (Doa Bapa Kami dalam Matius 6:9-13).
2.   Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.   Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : diktat, buku kepustakaan, dan internet.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.


Dosen Pengampu,





Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.





SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 7, 8 dan 9

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode matakuliah           :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017


STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.

KOMPETENSI DASAR
Mengkaji dan membahas renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mampu menjelaskan dan membahas renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
MATERI POKOK
1.      Pembahasan renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.

METODE PEMBELAJARAN
1.      Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.      Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.      Pembukaan perkuliahan.
2.      Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.      Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi (penggalian)
Dengan berkelompok mahasiswa mengeksplorasi renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
(membiasakan nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis,  kreatif dan kerjasama)
2.      Elaborasi (pengembangan)
·     Melalui diskusi mahasiswa menganalisis renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB
(membiasakan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3.      Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).

Kegiatan Akhir
1.  Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait renungan sederhana dalam Bahasa Inggris berdasarkan kajian Alkitab PL dan PB.
2.  Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.  Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : diktat, buku referensi kepustakaan, dan internet.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.


Dosen Pengampu,





Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.




SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 10, 11, 12, 13, 14

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode matakuliah           :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017

STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris

KOMPETENSI DASAR
Memahami  manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mampu menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris

MATERI POKOK
1.      Manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris

METODE PEMBELAJARAN
1.    Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.    Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.    Pembukaan perkuliahan.
2.    Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.    Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1.    Eksplorasi (penggalian)
Dengan berkelompok mahasiswa mengeksplorasi manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris
(membiasakan nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis,  kreatif dan kerjasama)
2.    Elaborasi (pengembangan)
Melalui diskusi mahasiswa menganalisis manfaat dan fungsi-fungsi menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris (membiasakan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3.    Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).

Kegiatan Akhir
1.      Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait rumusan menyanyikan lagu rohani anak Sekolah Minggu atau jemaat dewasa baik dalam bentuk pujian dan penyembahan, menggunakan alat musik dalam bahasa Inggris.
2.      Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.      Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : diktat, buku referensi kepustakaan, dan internet.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.



Dosen Pengampu,






Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 15

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode matakuliah           :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017


STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar

KOMPETENSI DASAR
Memahami evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar.
                                                                            
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Mampu membuat evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar.
MATERI POKOK
1.        Praktek membuat  evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar.

METODE PEMBELAJARAN
1.      Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penggunaan powerpoint untuk perkuliahan.
2.      Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.      Pembukaan perkuliahan.
2.      Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.      Menyajikan materi perkuliahan dengan menggunakan powerpoint.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi (penggalian)
·     Dengan berkelompok mahasiswa mengeksplorasi mengenai evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar.
(membiasakan nilai-nilai karakter rasa ingin tahu, kritis,  kreatif dan kerjasama)
2.      Elaborasi (pengembangan)
·     Melalui diskusi mahasiswa menganalisis mengenai  evaluasi pengunaan teori dan praktek Inggris dasar.
(membiasakan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, kritis, logis kreatif, percaya diri, toleransi dan kerjasama)
3.      Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik hasil diskusi mahasiswa.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).

Kegiatan Akhir
1.      Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait evaluasi pengunaan media pembelajaran dalam proses KBM.
2.      Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.      Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : diktat, buku referensi, dan internet.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.


Dosen Pengampu,





Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN.




SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE- 16

Prodi                              : Pendidikan Agama Kristen
Matakuliah                    : Bahasa Inggris
SKS                               : 2
Kode matakuliah           :
Prasyarat                        : Teori dan Praktek Inggris Dasar
Waktu perkuliahan        : Semester Ganjil 2016/2017

STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengkaji dan membahas mengenai soal ujian akhir semester.

KOMPETENSI DASAR
Memahami mengenai mengenai soal ujian akhir semester.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menganalisis soal mid semester.
2.      Mampu mengerjakan soal akhir semester.

MATERI POKOK
1.      Pemberian soal akhir semester.

METODE PEMBELAJARAN
1.      Dalam perkuliahan pendekatan/metode yang digunakan adalah ujian tertulis.
2.       Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
1.      Pembukaan perkuliahan.
2.      Menyampaikan orientasi perkuliahan meliputi tujuan dan perkuliahan yang akan dilakukan.
3.      Membagikan soal ujian akhir semester.
Kegiatan Inti
1.        Eksplorasi (penggalian)
·     Mahasiswa diberi soal akhir semester.
2.        Elaborasi (pengembangan)
·     Mahasiswa mengerjakan soal akhir semester.
3.        Konfirmasi (umpan balik)
·     Memberikan umpan balik soal akhir semester.
·     Pengungkapan pengalaman belajar mahasiswa.
(Menanamkan karakter respect (saling menghargai pendapat) dan percaya diri).
Kegiatan Akhir
1.        Pengampu bersama mahasiswa merumuskan simpulan terkait soal akhir semester.
2.        Pengampu bersama mahasiswa mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.
3.        Pengampu menyampaikan rencana perkuliahan berikutnya

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat         : laptop dan LCD.
Sumber   : diktat, buku refrensi, dan internet.

PENILAIAN
-  Evaluasi harian dilakukan dengan pertanyaan umpan balik pada setiap permulaan dan akhir kuliah setiap tatap muka berupa pertanyaan secara langsung dan pemberian tugas.


Dosen Pengampu,





Nelson Hasibuan, M.Th
NIDN






Komentar

Terimakasih tulisannya, sangat membantu
Yohanes Sakti mengatakan…
terima kasih, Tuhan Yesus Kristus memberkati
HasibuanNelson mengatakan…
Sama-sama. Semoga bermanfaat ya. Tuhan Jesus memberkati